You are here:  / Uncategorized / Museum Goes To Campus UNS 2017 : Keanekaragaman yang Menyatukan

Museum Goes To Campus UNS 2017 : Keanekaragaman yang Menyatukan

LPM SCIENTA FMIPA UNS, 2017—Museum Goes To Campus (MGtC), agenda tahunan Universitas Sebelas Maret Surakarta hadir kembali untuk kedua kalinya. Menurut Dekan Fakultas Ilmu Budaya (FIB UNS) , Riyadi Santoso, ini merupakan MGtC ke-2, menyusul MGtC ke-1 yang telah diselenggarakan pada bulan Nopember tahun lalu. MGtC II ke-2 diselenggarakan pada hari Senin-Kamis 4 September sampai dengan 7 September 2017 di Auditorium UNS.

Sama seperti tahun lalu, kegiatan utama MGtC II tahun 2017 adalah pameran museum. Pameran diikuti oleh 25 museum yang diantaranya berasal dari berbagai kota, yaitu Surakarta, Yogyakarta, Semarang, Sragen, Sukoharjo, Blitar, dan Jakarta. Pengunjung pameran ini adalah mahasiswa, pelajar, pendidik, budayawan, para pengampu museum dan para pengambil kebijakan di bidang pendidikan, kebudayaan, dan pariwisata.

Penyelenggaraan MGtC didorong oleh arti penting edukasi nilai-nilai sejarah, permuseuman, dan cagar budaya khususnya untuk generasi muda. Museum adalah sarana edukasi, informasi dan rekreasi yang relatif lengkap. Koleksi-koleksinya merupakan “rekaman” dari memori kolektif bangsa yang perlu disosialisasikan secara berkesinambungan.

Sementara itu, tema yang diusung dalam penyelenggaraan MGtC kali ini adalah keanekaragaman yang menyatukan dilatarbelakangi oleh niat untuk menunjukkan bahwa kemajemukan yang terdapat pada bangsa kita sesungguhnya menunjukkan kekayaan dan elemen-elemen yang menguatkan kehidupan kita sebagai bangsa. Melalui MGtC, diharapkan publik atau masyarakat menjadi lebih dekat kepada nilai-nilai sejarah dan lebih mudah mendapatkan informasi maupun pengetahuan mengenai beragam hal yang disajikan dalam bentuk pameran museum.

Penyelenggara MGtC II tahun 2017 adalah Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) melalui Prodi Ilmu Sejarah Fakultas Ilmu Budaya Universitas Sebelas Maret Surakarta, yang juga didukung oleh Direktorat PCBM (Pelestarian Cagar Budaya dan Museum), Ditjenbud, Kemendikbud, Dinas Kebudayaan Pemda Solo dan Keluarga Alumni Fak. Ilmu Budaya (KAFIB) UNS, dan masih banyak lagi. Pihak penyelenggara berharap jumlah pengunjung MGtC ke-2 ini minimal mencapai jumlah yang sama seperti tahun lalu, 9.000 orang/hari.

Rangkaian kegiatan MGtC II tahun 2017  dimulai dengan Opening Ceremony yang akan diadakan di auditorium UNS pada hari Senin, 4 September 2017. Tak hanya pameran museum, MGtC akan didampingi oleh beragam kegiatan pendukung , seperti seminar permuseuman, , lomba dongeng nusantara, pemutaran film tentang museum dan sejarah, dan penyajian dolanan anak tradisional. (Dreamcatcher)

Sebarkan!

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked ( required )

KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan LPM SCIENTA FMIPA UNS beralamat di Gedung UKM FMIPA UNS lt. 2 Jln. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Jebres, Surakarta (57126)

KONTAK KAMI

Terhubung dengan kami di sosial media bawah ini:
Atau email : lpmscientauns@gmail.com

KONTAK PERSON

Kontak person LPM SCIENTA FMIPA UNS :
  • Saras 08572868-5645 (Pimpinan)
  • Naura 081286086115 (Redaksi)
  • Isma 087735156155 (Humas)

KRITIK DAN SARAN

Apabila anda mempunyai pertanyaan, kritik, serta saran untuk LPM SCIENTA FMIPA UNS bisa langsung mengakses formulir di bawah ini :
Klik Formulir Kritik dan Saran