You are here:  / Events / Ketika Kopi Menjadi Penyambung Aspirasi Mahasiswa dan Birokrat FMIPA

Ketika Kopi Menjadi Penyambung Aspirasi Mahasiswa dan Birokrat FMIPA

Jajaran Dekanat
Jumat, 12 Oktober 2016, BEM FMIPA UNS mengadakan acara NGOPI SEHAT (Ngobrol Pintar Bersama Mahasiswa dan Birokrat) di Lantai 2 Gedung C FMIPA. Acara tersebut dihadiri oleh pejabat-pejabat tinggi di FMIPA, di antaranya Prof. Ari Handono Ramelan M. Sc. (Hons). Ph. D. selaku Dekan, Dr. Desi Suci Handayani, S.Si.,M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Akademik, Drs. Pangadi, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Umum dan Keuangan, Prof. Dr. Sugiyarto, M.Si selaku Wakil Dekan Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Pak Giyatno, S.IP., M.Si selaku Kabag Tata Usaha, Pak Eko Mursito, S.T. selaku Kasubbag Akademik, dan Bu Dwi Arini Utami, S.Sos selaku Kasubbag Kemahasiswaan dan Alumni.
Acara dibuka dengan jargon oleh MC kemudian Prof Ari memberikan sambutan dengan gaya khasnya yang selalu menyelipkan candaan di sela-sela pembicaraannya. Hal itu membuat suasana tidak kaku dan membosankan. Dalam sambutannya, Prof Ari mengungkapkan rasa bangganya terhadap Fakultas MIPA yang pada Dies Natalis kemarin dinobatkan sebagai Fakultas Green Campus. Beliau menguraikan berbagai prestasi dan karya mahasiswa dan alumni FMIPA dalam beberapa waktu dekat, salah satunya batik yang dikenakan beliau. Batik tersebut bernama Batik Anatomi, motifnya melambangkan penciptaan manusia, dimana menurutnya itu adalah buatan mahasiswa FMIPA UNS yang sudah banyak diproduksi. “Saya kemana-mana seneng banget pamerin foto karya-karya mahasiswa FMIPA.”, begitu kira-kira ungkapan apresiasi beliau tehadap mahasiswa-mahasiswa yang telah berkarya dan mengukir prestasi di FMIPA. Prof Ari juga memotivasi mahasiswa untuk terus berinovasi dan bersama-sama memajukan fakultasnya.
Sambutan Dekan FMIPA UNS, Prof. Prof. Ir. Ari Handono Ramelan, M.Sc. (Hons). Ph.D
Acara berlanjut ke sesi tanya jawab. Sesi ini dipandu oleh Adhimukti Surya, mahasiswa D3 Teknik Informatika. Ia menyampaikan beberapa pertanyaan terkait kebijakan akademik , kinerja dosen , dan unit kegiatan mahasiswa FMIPA. Poin-poin yang menjadi topik bahasan diantaranya :

  1. Belum meratanya jumlah proposal PKM yang diajukan maupun berhasil didanai
  2. Sarana dan prasarana pendukung pembelajaran tidak berfungsi dengan baik.
  3. Ketidakdisiplinan dosen dalam kegiatan perkuliahan
  4. Cara mengajar dosen yang cenderung sulit dipahami
  5. Persiapan yang telah dilakukan dalam rangka mendukung UNS menjadi PTNBH (Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum)
  6. Kurangnya ruang diskusi yang menunjang kegiatan organisasi mahasiswa dan UKM

Suasana Sesi Tanya Jawab
Dekanat beserta jajarannya menyambut baik berbagai aspirasi yang disampaikan. Prof Sugiyarto selaku WD III memberikan usulan kepada Dekan agar dibentuk kelompok studi dan mengupayakan pendampingan tim PKM bagi masing-masing prodi di FMIPA, dengan begitu beliau berharap tahun ini lebih banyak lagi mahasiswa yang terlibat dalam PKM. Disusul dari tanggapan WD III terkait masalah kinerja dosen, Bu Desi memaparkan bahwa dalam meningkatkan kinerja dosen tidak hanya dibutuhkan upaya dari dekanat maupun prodi, tetapi juga mahasiswa. Salah satu bentuk evaluasi mahasiswa terhadap kinerja dosen yaitu dengan mengisi kuisioner di SIAKAD. Para mahasiswa diharapkan mengisi setiap poin dalam kuisioner dengan baik dan sesuai fakta di lapangan. Dalam sesi tersebut, Pak Dekan juga menyatakan bahwa beliau akan terus mengupayakan perubahan di FMIPA baik dari segi fasilitas, tenaga pengajar, dan hal-hal lain yang mendukung prestasi mahasiswa dalam bidang akademik maupun non-akademik dalam rangka untuk mendukung UNS menjadi PTNBH. Para peserta acara sangat aktif memberikan aspirasi , kritik dan saran untuk perubahan FMIPA ke arah yang lebih baik.
Pada sesi selanjutnya yaitu Pesan Cinta Untuk FMIPA, MC membacakan beberapa pendapat dan harapan mahasiswa terkait FMIPA yang telah disalurkan melalui kotak Pesan Cinta untuk FMIPA yang diletakkan di lorong Gedung A lantai 1. Beberapa pendapat yang dibacakan mengundang tawa peserta dan para pejabat tinggi di FMIPA tersebut. Suasana hangat semakin terasa ketika acara makan bersama sesudah maghrib. Sembari menyantap makanan yang disajikan, lantunan lagu yang dibawakan oleh personil Pentoltik membuat para peserta ikut bernyanyi. Acara dilanjutkan kembali dengan sesi diskusi.  Salah satu momen yang menarik adalah ketika seorang mahasiswa memberikan saran agar di Fakultas MIPA dibuatkan lapangan yang dapat digunakan mahasiswa untuk berolahraga maupun menyalurkan minat nya dalam bidang olahraga. Ia menyatakan pendapatnya tersebut dengan sangat antusias sembari sesekali melontarkan candaan sehingga suasana semakin akrab dan menghibur.
Presiden BEM FMIPA UNS 2016 memberikan buku “Pesan Cinta Demokrasi” kepada Dekan
Di penghujung acara, Presiden BEM FMIPA periode 2016, Juna Abdillah, menyerahkan buku bertajuk “Pesan Cinta Demokrasi” kepada Prof. Ari selaku Dekan sekaligus berfoto bersama. Dekan juga mengajak semua yang hadir untuk berfoto bersama. (Dreamcatcher)
Para peserta berfoto bersama Dekan beserta jajarannya

Sebarkan!

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked ( required )

KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan LPM SCIENTA FMIPA UNS beralamat di Gedung UKM FMIPA UNS lt. 2 Jln. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Jebres, Surakarta (57126)

KONTAK KAMI

Terhubung dengan kami di sosial media bawah ini:
Atau email : lpmscientauns@gmail.com

KONTAK PERSON

Kontak person LPM SCIENTA FMIPA UNS :
  • Saras 08572868-5645 (Pimpinan)
  • Naura 081286086115 (Redaksi)
  • Isma 087735156155 (Humas)

KRITIK DAN SARAN

Apabila anda mempunyai pertanyaan, kritik, serta saran untuk LPM SCIENTA FMIPA UNS bisa langsung mengakses formulir di bawah ini :
Klik Formulir Kritik dan Saran