You are here:  / UNS / NUCLEAR TALKS 2016 : Ketika Nuklir dan Teknologi Bersinergi Memajukan Pertambangan Indonesia

NUCLEAR TALKS 2016 : Ketika Nuklir dan Teknologi Bersinergi Memajukan Pertambangan Indonesia

            Pada hari sabtu, 21 mei 2016, Komunitas Muda Nuklir Nasional (Kommun) region Solo bekerjasama dengan Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam UNS mengadakan seminar Nuclear Talks 2016 dengan tema Pemanfaatan Teknologi Nuklir untuk Pertambangan Indonesia. Acara yang digelar di Aula Gedung B FMIPA UNS ini dihadiri oleh sekitar 60 peserta. Yang menjadi pemateri pada seminar ini adalah Bpk. Widodo, S.T dari Pusat Teknologi Bahan Galian Nuklir BATAN, dan Bpk. Budi Legowo, S.Si., M.Si., dari Dosen Geofisika FMIPA UNS.

            Pemateri yang pertama, yaitu Bpk. Budi Legowo, S.Si., M.Si., membangun suasana dengan baik lewat candaan beliau, dan gaya berbicara beliau yang jenaka. Pembawaan materi oleh beliau pun cukup jelas. Beliau menyampaikan materi pengenalan akan berbagai contoh teknologi nuklir, yang ternyata tanpa kita sadari sangat erat penggunaannya dalam kehidupan kita. Seperti bahwa setiap hari semua organisme hidup menyerap C14 dari sinar matahari, dan bahkan organisme berada dalam kesetimbangan dengan C14 di atmosfer- berarti organisme mengganti C14 yang telah menjalani peluruhan radioaktif dengan atom C14 melalui interaksi dengan lingkungannya. Penggunaan radioisotop C14 juga untuk menentukan umur air mineral dalam tanah sehingga dapat diklasifikasikan sehat atau tidaknya air tersebut untuk dikonsumsi. Beliau juga menjelaskan proses penentuan umur bumi dan batuan-batuan menggunakan peluruhan U238 menjadi Pb206.

          Pada inti nya, beliau hendak menekankan bahwa dogma yang berkembang dalam masyarakat selama ini, bahwa teknologi nuklir berbahaya dan mengancam kehidupan manusia adalah salah. Dengan pengelolaan yang tepat dan SDM yang memiliki keahlian dan handal dalam bidang nuklir, Teknologi nuklir dapat menjadi penunjang kehidupan manusia, terutama dalam bidang pertambangan.

            Pemateri yang kedua adalah Bpk. Widodo, S.T., Beliau menyampaikan materi dengan gaya yang lebih serius, namun tetap menarik. Beliau menyampaikan materi tentang Pertambangan bahan galian nuklir di Indonesia. pertama beliau memaparkan tahapan dalam memulai kegiatan pertambangan. Kemudian, beliau memaparkan tentang pemanfaatan teknologi nuklir pada proses eksplorasi dan eksploitasi pertambangan. Beliau menjelaskan bahwa eksplorasi bahan galian nuklir telah dilakukan di Indonesia sejak tahun 1960-an hingga sekarang. Ternyata Indonesia memiliki potensi geologi bahan nuklir yang luar biasa. Beliau juga membawa contoh batuan gamping yang mengandung Uranium dan Thorium. Kekayaan alam ini seharusnya dapat kita gunakan dengan baik demi kemajuan pertambangan di Indonesia.

            Dari segi teknis, persiapan acara sudah berjalan cukup baik. Kesalahan teknis yang terjadi hanya sedikit dan masih bisa dimaklumi, seperti sound system yang sesekali berdengung. Suasana jalannya acara pun kondusif, hidup dengan adanya candaan dari pembicara, dan sangat interaktif dimana dibuka 3 sesi pertanyaan dengan audiens yang sangat aktif dalam bertanya. Peserta yang hadir tak hanya dari Fakultas MIPA, namun juga dari fakultas lainnya, seperti fakultas Pertanian, dan bahkan dari Universitas lain, seperti Universitas Gadjah Mada, dll.

            Sedikit isu yang disoroti dari mahasiswa terhadap acara ini adalah bahwa acara ini digelar oleh komunitas yang bukan berasal dari dalam kampus, melainkan komunitas dari luar kampus. Berdasarkan SK Dirjen DIKTI no 26. thn. 2002 tentang Pelarangan Organisasi Ekstra Kampus atau Partai Politik dalam Kehidupan Kampus menetapkan bahwa Melarang segala bentuk organisasi ekstra kampus dan Partai Politik membuka Sekretariat (Perwakilan) dan atau melakukan aktivitas politik praktis di kampus. Namun hal ini langsung diluruskan oleh Prof.Dr.Sugiyarto,M.Si., selaku Wakil Dekan 3 FMIPA UNS dalam kata sambutannya di awal seminar tersebut. Beiau menegaskan bahwa  acara yang diadakan oleh komunitas atau instansi luar sah-sah saja jika dilaksanakan di dalam lingkungan kampus UNS dengan mempertimbangkan penting atau tidaknya tujuan acara tersebut bagi seluruh civitas academica di UNS, serta mempertimbangkan adanya media partner dengan UKM ataupun organisasi internal kampus. Perizinan acara juga dapat diberikan dari kampus dengan penjelasan yang mendetail mengenai seluruh komponen acara, seperti runtutan acara, tujuan dan sasaran serta latar belakang acara, hingga pembicara di acara tersebut. Namun, pihak kampus UNS tetap mewaspadai setiap kemungkinan adanya acara-acara yang menjadi penumpang gelap  dan menyelenggarakan acara yang berbau politik, maupun mencari keuntungan pribadi di dalam lingkungan kampus UNS.  (Rainace GL)

Sebarkan!

LEAVE A REPLY

Your email address will not be published. Required fields are marked ( required )

KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan LPM SCIENTA FMIPA UNS beralamat di Gedung UKM FMIPA UNS lt. 2 Jln. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Jebres, Surakarta (57126)

KONTAK KAMI

Terhubung dengan kami di sosial media bawah ini:
Atau email : lpmscientauns@gmail.com

KONTAK PERSON

Kontak person LPM SCIENTA FMIPA UNS :
  • Saras 08572868-5645 (Pimpinan)
  • Naura 081286086115 (Redaksi)
  • Isma 087735156155 (Humas)

KRITIK DAN SARAN

Apabila anda mempunyai pertanyaan, kritik, serta saran untuk LPM SCIENTA FMIPA UNS bisa langsung mengakses formulir di bawah ini :
Klik Formulir Kritik dan Saran