You are here:  / Uncategorized / MAKAN DI PERPUS? BOLEHKAN?

MAKAN DI PERPUS? BOLEHKAN?

Perpustakaan, mungkin yang akan ada dibenak anda ketika anda membaca, mengunjungi atau berpikir tentang hal tersebut adalah tempat yang sunyi, nyaman dan tersedia banyak buku untuk membaca karena pada hakekatnya seperti itu, apalagi sebagai seorang mahasiswa perpustakaan sangatlah menunjang dalam proses pembelajaran dalam perkuliahan.

Namun tahukah anda mengenai tata tertib di perpustakaan?

Nah mungkin sebagian besar dari perpustakaan akan menerapkan tata tertib yang sama, diantaranya yaitu :

1. Diwajibkan membawa kartu pinjam untuk meminjam bahan pustaka

2. Tas, jaket, stop map dan sebagainya harap ditempatkan di tempat yang tersedia (kotak almari tas)

3. Dompet dan barang berharga supaya dibawa sendiri, demi keamanan

4. Dilarang merokok, makan dan minum di ruang perpustakaan

5. Memelihara ketertiban dan ketenangan dalam ruang perpustakaan

6. Merawat koleksi dengan tidak merusak / mencoret / merobek / memotong / menggunting / menyilet koleksi Perpustakaan

7. Menjaga kebersihan di dalam ruang perpustakaan dengan tidak mencorat-coret, merusak gedung atau pun peralatan yang ada di dalam Ruang Perpustakaan

(diambil dari berbagai sumber)

Makan di perpus?

Kalau kita meninjau peraturan yang disebutkan pada no. 4 seperti sangat tidak sesuai dengan apa yang diterapkan di perpustakaan FMIPA UNS, dimana ada beberapa pengunjungnya yang makan di ruang baca, dan yang paling tidak sesuai adalah adanya meja penjualan makanan kecil(snack) di sekitar ruang kotak almari tas seperti pada gambar di atas.

Menurut beberapa responden yang diwawancarai secara acak pada hari Rabu, 27 Februari 2013 mengemukakan ketidak nyamanannya ketika berada di perpustakaan FMIPA karena hal tersebut. Menurut salah satu responden yang bernama Dewi Mustikasari(F08) kegiatan yang seharusnya dilakukan di perpus menjadi kurang nyaman untuk dilakukan ketika banyak pengunjung yang makan di ruang baca bahkan ruang baca pun banyak digunakan sebagai ruang diskusi oleh beberapa mahasiswa, padahal seharusnya ruang baca itu nyaman, sunyi sehingga membuat konsentrasi baca lebih baik.

Lain halnya dengan responden yang lain, Intan Fitalia (F10) berpendapat bahwa kegiatan seperti makan diperpustakaan atau “diskusi” di perpustakaan dapat meningkatkan mood baca dari pengunjung, menambah energi untuk membaca, membaca dapat bertahan lama karena intensitas membaca lebih sedikit karena kepotong dengan makan. Akan tetapi kekurangannya yaitu dapat merusak buku-buku di perpustakaan, dapat mengganggu konsentrasi orang lain karena terlalu berisik, membuat ruangan menjadi berbau makanan.

Harapan yang disampaikan oleh beberapa responden yang reporter temui adalah lebih menegaskan peraturan yang ada di perpustakaan, seharusnya pembuat peraturan atau pengurus perpus lebih meliti apa yang telah menjadi peraturan perpus bukan malah memberi peluang supaya aturan dilanggar, ciptakan standarisasi perpus, menyangkut kenyamanan perpuskaan sebaiknya ada pemanfaatan teknologi akustik supaya perpustakaan menjadi ruang yang kedap suara agar suara dari luar tidak mengganggu pembaca, lighting yang bagus supaya meningkatkan minat baca. Peraturan harusnya ada untuk ditaati bukan untuk dilanggar, kembali lagi pada diri anda sendiri bagaimana memanagement diri sendiri seupaya tidak melanggar peraturan yang ada.

(DeAys)

Sebarkan!

KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan LPM SCIENTA FMIPA UNS beralamat di Gedung UKM FMIPA UNS lt. 2 Jln. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Jebres, Surakarta (57126)

KONTAK KAMI

Terhubung dengan kami di sosial media bawah ini:
Atau email : lpmscientauns@gmail.com

KONTAK PERSON

Kontak person LPM SCIENTA FMIPA UNS :
  • Saras 08572868-5645 (Pimpinan)
  • Naura 081286086115 (Redaksi)
  • Isma 087735156155 (Humas)

KRITIK DAN SARAN

Apabila anda mempunyai pertanyaan, kritik, serta saran untuk LPM SCIENTA FMIPA UNS bisa langsung mengakses formulir di bawah ini :
Klik Formulir Kritik dan Saran