You are here:  / Uncategorized / Apa sih yang kalian tahu tentang GELAR KEPAHLAWANAN ???

Apa sih yang kalian tahu tentang GELAR KEPAHLAWANAN ???

Para pejuang di indonesia untuk mendapatkan gelar kepahlawannanya (pahlawan nasional) bukanlah hal yang mudah. Terdapat beberapa syarat untuk mendapatkan gelar tersebut, Pahlawan Nasional adalah sebuah gelar yang diberikan oleh Pemerintah Indonesia kepada seseorang yang semasa hidupnya melakukan tindak berjasa bagi kepentingan bangsa dan negara.

Kriteria-kriteria dari pemerintah tentang penetapan seseorang menjadi Pahlawan Nasional seperti: seseorang yang semasa hidupnya telah melakukan perjuangan bersenjata atau politik, telah melahirkan pemikiran besar yang dapat menunjang pembangunan bangsa dan negara, mendatangkan karya besar yang mendatangkan manfaat bagi kesejahteraan masyarakat luas, pengabdian dan perjuangannya berlangsung hampir sepanjang hayat (tidak sesaat) dan melebihi tugas yang diembannya, perjuangan yang dilakukan mempunyai jangkauan luas dan berdampak nasional, memiliki konsistensi jiwa dan semangat kebangsaan/nasionalisme yang tinggi, memiliki akhlak dan moral yang tinggi dan tidak pernah menyerah pada lawan serta dalam riwayat hidupnya tidak pernah tercela yang dapat merusak nilai perjuangan.

Jadi dapat disimpulkan bahwa beberapa kriteria di atas sangat berat dan hampir tidak masuk akal seolah-olah seorang pahlawan di Indonesia adalah manusia super atau manusia dewa yang tidak memiliki kekurangan atau cela apapun. Sangat berbeda dengan pemberian gelar pahlawan di negara seperti Amerika yang sangat objektif penilaiannya, misalnya saja ketika seorang dalam sebuah pertempuran dalam rangka membela negara melawan musuh dia harus kehilangan kakinya, maka untuk mengenang jasa kepahlawanannya akan di buat patung kaki sang pejuang. Namun, pemberian dan penganugerahan gelar pahlawan di Indonesiasangat subjektif.

Kata “pahlawan” berasal dari bahasa sansekerta phala-wan yang berarti dari dirinya menghasilkan buah (phala) yang berkualiatas bagi bangsa, negara dan agama. Pahalawan adalah orang yang menonjol karena keberaniannya dan pengorbanannya dalam membela kebenaran atau pejuang yang gagah berani.

Kepahlawanan adalah tindakan seorang pahlawan, yaitu suatu sikap yang dimiliki seseorang dan menunjukkan jiwa atau sifat keberanian, keperkasaaan, kegagahan dan kerelaan untuk berkorban dala embela kebenaran dan keadilan.

Selama ini ada anggapan bahwa Pahlawan adalah setiap orang yang semasa hidupnya berperang melawan penjajah. Namun itu adalah seorang pahlawan yang biasa kita kenal di pelajaran sejarah (history) atau lebih tepatnya pahlawan yang kita kenal berjuang seperti Jend.Soedirman, Pangeran Diponegoro, Kapiten Pattimura dan masih banyak lagi, tapi itu adalah pejuang di masa lalu yang telah berkorban harta dan nyawa merebut kemerdakaan dari para penjajah.

Di masa sekarang di saat kita telah “MERDEKA” dalam status yang sebenernya tidak benar – benar  “merdeka” bagaimana kah kita bisa menjadi seorang pahlawan? apakah kita harus berperang melawan penjajah?. Di masa sekarang diri seseorang tetap seorang pahlawan meskipun diri seseorang itu tidak berkorban nyawa melawan penjajah secara fisik bisa di katakan kita adalah “pahlawan masa kini” Sebagai contoh sejak awal kehidupan yang kta jalani, kita sudah diperkenalkan tentang makna kepahlawanan itu sendiri. Ketika kita menginjak masa sekolah, sosok “Pahlawan tanpa tanda jasa” yaitu Bapak Ibu Guru mulai melekat di benak kita.

Seorang pahlawan masa kini tidak hanya seseorang yang memberi perubahan kepada orang lain, tetapi sesungguhnya “pahlawan masa kini”  adalah sesorang yang dapat merubah atau memberi pengaruh kepada dirinya sendiri dan orang lain. Dunia ini terutama indonesia membutuhkan seorang “pahlawan masa kini” karna kita lah yang akan memberi pengaruh baik sedikit ataupun besar terhadap dunia ini terutama Indonesia. (mta)

“Seseorang pahlawan yang hebat adalah pahlawan yang bisa meneruskan perjuangan pahlawan sebelumnya bukan melupakannya dan menghancurkannya.”

Selamat hari pahlawan 10 november

Sebarkan!

KESEKRETARIATAN

Kesekretariatan LPM SCIENTA FMIPA UNS beralamat di Gedung UKM FMIPA UNS lt. 2 Jln. Ir. Sutami 36 A, Kentingan, Jebres, Surakarta (57126)

KONTAK KAMI

Terhubung dengan kami di sosial media bawah ini:
Atau email : lpmscientauns@gmail.com

KONTAK PERSON

Kontak person LPM SCIENTA FMIPA UNS :
  • Saras 08572868-5645 (Pimpinan)
  • Naura 081286086115 (Redaksi)
  • Isma 087735156155 (Humas)

KRITIK DAN SARAN

Apabila anda mempunyai pertanyaan, kritik, serta saran untuk LPM SCIENTA FMIPA UNS bisa langsung mengakses formulir di bawah ini :
Klik Formulir Kritik dan Saran